BAZNAS Kabupaten Magelang Serahkan Santunan Pada Ribuan Anak Yatim Piatu

BERITAMAGELANG.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Magelang menyerahkan santunan kepada ribuan anak yatim pada acara "Berbagi Cinta dan Kasih Sayang Bersama Anak Yatim, Piatu dan Yatim Piatu se-Kabupaten Magelang"  di GOR Gemilang, Komplek Setda Kabupaten Magelang, Selasa (6/8/2024).


Santunan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Adi Waryanto mewakili Pj Bupati Magelang didampingi Forkopimda.


Ketua BAZNAS Kabupaten Magelang, M. Kholid As'adi dalam laporannya menyampaikan program bantuan ini termasuk program BAZNAS berpendidikan pada bidang kemanusiaan, yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Muharram.


Pada 1446 Hijrah ini Kabupaten Magelang menyalurkan bantuan kepada 1.002 anak yatim. Namun karena keterbatasan tempat maka yang dihadirkan sejumlah 711 anak, dan sisanya akan segera diserahkan bagi siswa/siswi SD/Mi swasta se-Kabupaten Magelang dengan anggaran Rp525.727.000.


Program ini tercipta berkat kepedulian khususnya ASN, OPD terkait yang telah memberikan zakat/infaknya di BAZNAS Kabupaten Magelang.


"Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya, semoga zakat/infak ini memberikan manfaat yang luar biasa kepada yang membutuhkan," ujar Kholid As'adi.


Adi Waryanto dalam sambutannya menyampaikan, perhatian dan kepedulian sosial kepada warga negara yang perlu mendapat bantuan, bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah dalam rangka melaksanakan amanat Undang Undang Dasar 1945, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.


Selaras dengan tema "Berbagi Cinta dan Kasih Sayang Bersama Anak Yatim, Piatu, dan Yatim Piatu se-Kabupaten Magelang", pemberian bantuan yang dilaksanakan merupakan bentuk tanggung jawab sosial atas komitmen dan kepedulian dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"Saya sampaikan, bahwa BAZNAS Kabupaten Magelang selama ini terus bertekad untuk mensejahterakan warga masyarakat melalui berbagai program bantuan yang telah dijalankan. Oleh karena itu, saya selaku pribadi dan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BAZNAS Kabupaten Magelang, teriring doa dan harapan semoga Allah SWT memberikan ridho, dan menerimanya sebagai sebuah amal saleh yang kelak akan mendapatkan pahala dan balasan yang berlipat ganda," ucap Adi.


Pada kesempatan ini Adi Waryanto berpesan agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.


"Teruslah belajar dengan giat, kembangkan bakat dan jangan pernah takut untuk bermimpi besar. Kalian adalah anak-anak yang kuat dan berani. Kehidupan mungkin memberikan tantangan yang berat, namun setiap tantangan tersebut adalah kesempatan untuk menjadi lebih kuat. Ingatlah, setiap usaha yang kalian lakukan dengan tekun dan penuh semangat, pada akhirnya akan membawa menuju kesuksesan," demikian pesan Adi.


Ia juga meminta agar anak-anak yang telah menerima bantuan zakat ini tetap bisa menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat, seperti makan makanan bergizi, berolah raga dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. 


"Kesehatan yang baik akan membantu kalian untuk belajar dan beraktivitas dengan lebih baik," pesannya.