Kabupaten Magelang Raih Penghargaan UHC dari Kemenko PMK

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Krakatau Ballroom TMII Jakarta, Kamis (8/8/2024).


Penghargaan ini diterima Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto atas komitmen dalam memastikan hak yang sama setiap penduduk dalam mengakses jaminan sosial di bidang kesehatan.


Dalam hal ini, Kabupaten Magelang telah melebihi 95 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yakni sebesar 98 persen berdasarkan Peraturan Presiden No 18 Tahun 2020 mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.


Berkat Komitmen tersebut, Kabupaten Magelang berhasil meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kategori Pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage tahun ini.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Magelang, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait sehingga Pemerintah Kabupaten Magelang bisa mendapatkan penghargaan UHC dengan hasil 95 persen," ucap Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto usai menerima penghargaan UHC tahun 2024.


Sepyo berharap ke depan kolaborasi dari berbagai pihak ini bisa terus lebih ditingkatkan kembali sehingga bisa mencapai target 100 persen. Menurutnya, UHC ini sangat memberikan manfaat terkait pelayanan kesehatan di Kabupaten Magelang.


"Melalui penghargaan ini tentu saya berharap pelayanan di bidang pelayanan kesehatan di Kabupaten Magelang bisa terus meningkat, sehingga masyarakat lebih sehat dan sejahtera," harapnya.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.


Dalam arahannya, wakil presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa pemerintah menetapkan 98 persen untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat.


"Alhamdulillah saat ini kita sudah mencapai target ini, dan tentunya ke depan akan terus kita tingkatkan kualitasnya, demi mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia yang merata," ucapnya.


Kemudian, Wapres juga menginginkan setiap daerah harus memperluas jangkauan kepesertaan BPJS hingga 100 persen, harus melakukan pendekatan secara efektif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iuran, harus memastikan adanya monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas pelayanan.


Lebih lanjut, Ma'ruf Amin juga berharap lewat pemberian penghargaan ini, dapat menjadi motivasi bagi daerah di Indonesia supaya semakin meningkatkan jumlah peserta dan jaminan kesehatan di daerahnya masing-masing.


"Saya berikan apresiasi terhadap UHC Award ini, dan juga kita telah diakui oleh International Social Security Association. Tentunya target yang telah kita tetapkan tidak akan terwujud tanpa adanya kerja sama dan kolaborasi dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Ke depan, program jaminan kesehatan ini harus semakin ditingkatkan dan pelayanan kesehatan di masyarakat harus lebih baik. Bersama kita gotong royong untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih terjamin," ucapnya.