Karnaval Budaya Kecamatan Muntilan Berlangsung Meriah

BERITAMAGELANG.ID- Memperingati HUT ke-79 RI Tahun 2024, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forkompimcam Muntilan turut menghadiri acara Karnaval Budaya Kecamatan Muntilan yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Pemuda Muntilan, Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Kecamatan Muntilan dengan menampilkan keunikan dan seni budaya khas yang diikuti dengan antusias dan penuh suka cita oleh para peserta karnaval. 

Peserta karnaval ini terdiri dari berbagai unsur masyarakat di wilayah Kecamatan Muntilan dengan menampilkan berbagai pertujukan seni budaya, tari-tarian khas Jawa, pencak silat, drumb band dan lainnya.

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto Mengatakan Karnaval Budaya pada hakikatnya merefleksikan yang hidup dan tumbuh di tengah tengah masyarakat, kebergaman latar belakang, kultur, agama, pendidikan dan pekerjaan semua menyatu dalam seni budaya yang kita banggakan.

"Selain itu karnaval budaya menjadi salah satu sarana untuk mengaktualisasikan kreativitas warga sekaligus menjadi wujud rasa syukur kita atas kemerdekaan yang tuhan berikan kepada bangsa indonesia, yang di perjuangkan oleh para pahlawan," kata Sepyo.

Lebih lanjut Sepyo mengatakan melalui tema "Muntilan Berkarya Untuk Indonesia" semangat kebersamaan ini menunjukan betapa pentingnya kemerdekaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan dari, oleh dan untuk masyarakat Muntilan dan lahir ide dan inovasi untuk kesejahteraan bersama.

"Melalui Tema ini di harapakan bisa mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Kabupaten Magelang tidak hanya membangun untuk diri dan daerahnya sendiri tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain, setiap warga memilik peran penting dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan setiap kontribusi adalah bagian dari perjalanan panjang menuju kemajuan bangsa," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Muntilan Titok Lestianto mengatakan bahwa kegiatan karnaval ini merupakan Puncak rangkaian kegiatan dalam rangka Hut RI ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 Tingkat Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

"Kegiatan ini merupakan puncak, sebelumnya beberapa kegiatan telah kita laksanakan sejak awal bulan Agustus 2024 ini antara lain

 jalan Sehat di lapangan Gunungpring, Pekan Raya di ex Pasar Muntilan, Muntilan Expo, Festival Budaya di halaman Kecamatan Muntilan, Muntilan Idol, Pagelaran wayang Kulit dan hari ini puncak scara yaitu Karnaval Budaya di sepanjang Jalan Pemuda Muntilan," terangnya.