Meriah, Kirab Budaya Forum Pedagang Borobudur Peringati HUT Ke 79 Kemerdekaan RI

BERITAMAGELANG.ID-Dalam rangka memperingati HUT ke 79 Kemerdekaan RI, Forum Pedagang Borobudur Bersatu berkolaborasi dengan GO Desa Wisata Borobudur menyelenggarakan Kirab Budaya, Karnaval, Fashion Show dan Grebeg Pitungwerno di Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (13/08/2024). Karnaval Budaya di mulai dari Terminal Borobudur finish di Taman Lumbini.

General Manager TWC Unit Borobudur, AY Suhartanto mengatakan Kirab Budaya ini merupakan salah satu bentuk pelestarian dan penghormatan kepada kekayaan kebudayaan bangsa Indonesia. Dimana kegiatan ini memberikan atraksi kepada pengunjung Candi Borobudur dari domestik maupun mancanegara.

"Kita patut berbangga karena kegiatan ini diikuti seluruh lapisan masyarakat dan para pedagang dari desa wisata Borobudur, terlihat pengunjung antusias menyaksikan kirab budaya ini," kata Suhartanto.

Ia juga menambahkan Forum Pedagang Borobudur bersatu merupakan bagian dari pariwisata Taman Wisata Candi Borobudur yang memberikan layanan dan memenuhi kebutuhan wisata. Ia berharap melalui kegiatan Kirab Budaya sebagai momentum untuk memperkuat identitas budaya dan meneruskan nilai - nilai luhur untuk generasi kedepannya.

Sementara itu Panitia Penyelenggara sekaligus Forum Pedagang Borobudur Bersatu, Jimi Belinda mengatakan Kirab Budaya ini merupakan inisiatif dan bentuk aspirasi dari pedagang Borobudur untuk menyambut kepindahan ke Pasar Seni Borobudur.

"Pasar Seni nantinya milik pedagang borobudur, saya yakin semuanya memiliki potensi UMKM, edukasi mauoun kebudayaan nantinya bisa meramaikan pariwisata di Borobudur," kata Jimi.

Ia berharap saat pindah ke Pasar Seni Borobudur, pedagang untuk mulai menata dan mengubah mindset untuk lebih baik lagi.

Kirab Budaya, Karnaval, Fashion Show dan Grebeg Pitungwerno di ikuti oleh Forum Pedagang Borobudur Bersatu, Drum Band dari MAN 1 Magelang, kelompok Silat Taekwondo, Rampak Gedruk dan Topeng Ireng.