Pagelaran Wayang Kulit Warnai Puncak Peringatan HUT ke-79 RI

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati HUT Kemerdekaan ke-79 RI, Pemerintah Kabupaten Magelang menyelenggarakan pagelaran seni wayang kulit dengan dalang Ki Jumbuh Siswanto, dengan lakon "Dwojo Aji Sang Dwi Warno" di lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Jumat (30/8/2024).


Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia HUT Kemerdekaan di Pemerintah Kabupaten Magelang, yang telah bekerja keras dan penuh dedikasi dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar. 


Pada kesempatan ini pula, dilaksanakan penyerahan penghargaan dan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan kepada Paskibraka dan peserta lomba yang ikut serta dan bertugas selama peringatan HUT ke-79 RI.


"Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik," ucap Sepyo.


Sepyo mengatakan, wayang mengandung nilai-nilai luhur yang bisa menjadi tuntunan dan pedoman hidup. Pagelaran seni wayang kulit dengan lakon Dwojo Aji Sang Dwi Warno, mengandung pesan mendalam tentang kebijaksanaan, kekuatan moral, dan keseimbangan dalam hidup. Selain itu, lakon ini mengajarkan keseimbangan antara kekuatan fisik dan mental, serta pentingnya keharmonisan dalam kehidupan pribadi dan sosial.


"Melestarikan dan mengenalkan budaya wayang sangat penting. Dengan cara ini, nilai-nilai budaya akan tetap hidup dan relevan sebagai bagian dari identitas bangsa," ujarnya.


Sekretaris Daerah sebagai Ketua Panitia Peringatan HUT ke-79 RI tingkat Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyampaikan seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, meningkatkan apresiasi terhadap kebudayaan lokal, serta mendorong potensi ekonomi UMKM dan meningkatkan rasa semangat kemerdekaan dan nasionalisme di kalangan masyarakat Kabupaten Magelang.


Ia juga melaporkan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan pada peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Magelang diantaranya, gerakan pembagian 10 juta bendera kerah putih, pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Magelang Tahun 2024, malam tirakatan/tasyakuran, melaksanakan dan mengikuti kegiatan kenegaraan, mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI Tahun 2024, Penyampaian RUU APBN TA 2024 dan Nota Keuangan, apel kehormatan dan renungan suci, upacara peringatan HUT RI, mengikuti siaran langsung detik detik proklamasi, ramah tamah dengan pejuang veteran 1945 dan Paskibra. Kemudian ditutup dengan pagelaran seni wayang kulit ini.


Pagelaran seni wayang kulit ini merupakan puncak rangkaian peringatan HUT ke-79 RI tingkat Kabupaten Magelang yang dihadiri jajaran Forkopimda, kepala OPD, camat, instansi vertikal, dan masyarakat Kabupaten Magelang.