Pain Clinic RSUD Merah Putih Hadir Atasi Nyeri

BERITAMAGELANG.ID-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merah Putih mengenalkan layanan Klinik Nyeri (Pain Clinic) melalui kegiatan Talkshow Pain Klinik dengan mengangkat topik "Nyeri? Let's Chill!! Cara Asyik Kelola Rasa Sakit di FKTP dan FKRTL" di Grand Ballroom Atria Hotel Magelang, Rabu (21/8/2024).


Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati mengatakan bahwa talkshow ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT RI ke 79 di RSUD Merah Putih, sebagai salah satu upaya memperkuat jejaring dan kerjasama fasilitas pelayanan kesehatan dengan memberikan pengetahuan bagaimana penanganan nyeri di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Pertama (FKTP).


"Nyeri kronis seperti nyeri pinggang, nyeri kanker, nyeri kepala, radang sendi, nyeri akut pasca-operasi masih tinggi kasusnya di masyarakat. Sementara belum ada rumah sakit di Kabupaten Magelang dengan layanan nyeri komprehensif, dimana biasanya akan masuk ke bagian lain seperti penyakit dalam dan sebagainya," ungkapnya


Dirinya juga menyampaikan layanan Klinik Nyeri sebagai solusi penanganan nyeri akut dan kronis yang aman, efektif dan modern. Layanan nyeri yang tersedia menuju painless hospital dengan layanan nyeri terpadu/one stop service yang mendukung layanan Trauma Center Komprehensif. Klinik nyeri akan diampu oleh Dokter Sp.Anestasi, Sp.Orthopedi, Sp.Saraf, Sp.Rehabilitasi Medik dan Sp.Bedah Saraf.


"Pelayanan Pain Clinic sudah bisa diakses saat ini. Namun untuk alat-alat tertentu masih dalam proses pengembangan," terangnya.


Leli berharap dengan adanya layanan baru Pain Clinic di RSUD Merah Putih ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki masalah dengan nyeri.


Talkshow yang dihadiri oleh dokter dan perawat Puskesmas serta klinik di Kabupaten Magelang menghadirkan narasumber yakni dr. Nur Hamam, MMR, Sp.An-TI, dokter spesialis anestesi dan dr. Ida Ayu P, Sp.K.F.R., AIFO-K dokter spesialis fisik dan rehabilitasi RSUD Merah Putih.


dr. Nur Hamam menyampaikan nyeri merupakan sensasi tidak nyaman yang berhubungan dengan kerusakan/potensi kerusakan jaringan yang dapat membatasi kapabilitas dan kemampuan seseorang untuk menjalankan rutinitas.


"Nyeri adalah apa yang disebut pasien dengan sakit," tambahnya.


Pada kesempatan yang sama dr. Ida Ayu menyampaikan salah satu proses terapi yang diberikan di RSUD Merah Putih untuk mengatasi nyeri adalah terapi gelombang mikro untuk menghasilkan panas dalam jaringan tubuh yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, meredakan otot yang tegang dan mengurangi rasa nyeri.


RSUD Merah Putih juga  telah mensupport Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sehingga memiliki layanan unggulan yaitu trauma center. Saat ini RSUD Merah Putih juga tengah mengembangkan gedung Instalasi Rehabilitasi Medik, untuk mensupport layanan trauma center.