Pemkab Magelang Gelar Malam Tirakatan HUT ke-79 RI

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menggelar kegiatan malam tirakatan dengan mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" di Pendopo drh. Soepardi Setda Kabupaten Magelang, Kamis (15/8/2024). 


Dalam sambutannya, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyampaikan, makna kemerdekaan yang sejati adalah ungkapan rasa syukur dan refleksi mendalam atas perjuangan panjang para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. 


"Melalui tetesan darah dan keringat para pahlawan, bangsa ini bisa merdeka, bebas dari belenggu penjajah, dengan kemerdekaan itu pula kita bisa bebas berkarya, berdaulat dan bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Sepyo. 


Sepyo mengatakan, melalui tirakatan malam ini berharap bisa merenung, menghayati, dan bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih, karena kemerdekaan merupakan jembatan emas menuju kemakmuran.


Dengan mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, telah mengingatkan akan semangat pembaruan dan inovasi yang harus terus dikembangkan di berbagai aspek kehidupan, utamanya dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan tetap menghargai budaya dan jati diri bangsa Indonesia.


Lebih lanjut, Sepyo menjelaskan arti Indonesia Maju yaitu tidak lain menggambarkan cita-cita besar membawa bangsa ini ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal kesejahteraan, keadilan sosial, dan kualitas hidup bangsa Indonesia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi yang tepat.


Pada momentum ini, Sepyo mengajak semua untuk bersatu, menjaga warisan budaya, dan berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa dengan semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju.


"Mari kita bersama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera, berdaya saing, dan berkelanjutan," ajaknya.


Ia berharap momen ini dapat di jadikan sebagai titik awal untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan bekerja keras demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.


"Dirgahayu Republik Indonesia ke-79," tutup Sepyo.


Pada kesempatan yang sama juga dilakukan prosesi pemotongan nasi tumpeng oleh Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, sebagai ungkapan rasa syukur atas peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Hadir dalam acara tersebut Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus penceramah Dr. KH. Miftah Faqih, Forkopimda Kabupaten Magelang, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto beserta Asisten Setda, kepala OPD, camat se-Kabupaten Magelang, dan sejumlah instansi vertikal.