Pj Bupati Magelang Bagikan Bendera Merah Putih pada Masyarakat

BERITAMAGELANG.ID - Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto membagikan bendera merah putih pada masyarakat di kawasan Ketep Pass, Jumat (16/8/2024). Dalam kesempatan itu, Sepyo Achanto memberikan secara simbolis bendera merah putih kepada masyarakat yang hadir, meliputi unsur kepala desa Ketep, paguyuban jeep adventure, paguyuban pedagang, UMKM, serta anggota Paskibraka.


"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mempersatukan masyarakat melalui simbol, identitas, dan alat pemersatu bangsa yaitu bendera merah putih," kata Sepyo.


Bendera merah putih merupakan jati diri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang menjadi cerminan kedaulatan negara, cermin kemandirian serta eksistensi negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan Bendera Merah Putih masyarakat dapat bersatu bahu- membahu mencintai dan mengisi kemerdekaan NKRI. Pj Bupati berharap, pembagian bendera kali ini bukan hanya formalitas, namun semangat merah putih harus tetap terjaga dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.


"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada ASN Pemerintah Kabupaten Magelang dan semua pihak yang berkenan membantu, sehingga kegiatan pembagian bendera merah putih tingkat Kabupaten Magelang bisa terlaksana," ucapnya.


Ia menjelaskan, pemerintah telah membagikan sebanyak 10 juta bendera kepada seluruh masyarakat di Indonesia termasuk di Kabupaten Magelang. Pembagian bendera di Kabupaten Magelang tentunya akan didistribusikan kepada segenap komponen masyarakat.


"Saya berharap seluruh masyarakat dapat merayakan hari kemerdekaan dengan kegiatan positif dan bermanfaat," harapnya.


Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang, M. Taufik selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan gerakan pembagian bendera merah putih kali ini dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 RI. Kegiatan tersebut bertujuan menggugah rasa patriotisme dan cinta tanah air serta meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Kabupaten Magelang.


"Kegiatan kali ini telah diawali dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat baik secara pribadi, kelompok, ormas, unsur pemerintahan maupun swasta. Sebanyak 200 bendera yang kita bagikan dalam kesempatan ini," katanya.