Pj Bupati Magelang Canangkan Bulan Dana PMI Tahun 2024

BERITAMAGELANG.ID - Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mencanangkan Bulan Dana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Magelang Tahun 2024 di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, Kamis (1/8/2024).


Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengapresiasi Sekretaris Daerah, Adi Waryanto sebagai Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Magelang Tahun 2024. Menurutnya kegiatan ini merupakan suatu komitmen dan dukungan Pemerintah Daerah terhadap kegiatan sosial kemanusiaan.


Menurutnya, PMI mempunyai peran yang strategis terkait dengan kegiatan dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Tidak hanya terbatas pada penanganan bencana, namun juga berbagai kegiatan lain seperti donor darah, pelayanan ambulan, dan pembinaan generasi muda melalui PMI Remaja.


"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah kami juga mengapresiasi kinerja PMI Kabupaten Magelang dalam membantu Pemerintah Kabupaten Magelang di bidang penanganan kemanusiaan," ucap Sepyo.


Ia terus berharap agar rekan dari PMI terus melakukan peningkatan, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam penanganan kemanusiaan.


Sepyo juga menyampaikan bahwa, pada 2023 PMI Kabupaten Magelang telah sesuai target, dengan mengumpulkan dana sebesar Rp1,4 miliar.


"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih baik dari PMI, masyarakat dan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Magelang yang telah memberikan sumbangannya dengan suka rela, ikhlas, sehingga dapat terkumpul sejumlah dana tersebut," katanya.


Sepyo mengharapkan penggalangan dana PMI di tahun 2024 ini bisa terus meningkat dan akan dikembalikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.


Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik PNS, TNI, Polri masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, pengusaha dan karyawan swasta bisa bersama-sama mensukseskan Bulan Dana PMI tahun 2024.


Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Magelang 2024, Adi Waryanto dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan bulan dana PMI adalah untuk mensosialisasikan mulainya gerakan pengumpulan dana agar masyarakat dengan sukarela memberikan sumbangan guna kepentingan kemanusiaan melalui PMI Kabupaten Magelang.


"Untuk pelaksanaan bulan dana PMI ini dilaksanakan mulai bulan Agustus-Oktober 2024," terang Adi dalam laporannya.


Pada bulan dana PMI kali ini Forkopimda dan kepala OPD termasuk para camat, BUMN, BUMD, serta instansi vertikal dan PMI Kecamatan se-Kabupaten Magelang turut menyumbangkan dana secara langsung melalui mobil kas keliling Bank Bapas 69.


"Kami sangat bangga (berpartisipasi) karena ini wujud kepedulian kita kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dan kami sangat mendukung sekali program dari PMI Kabupaten Magelang. Lebih-lebih kebutuhan darah masyarakat Kabupaten Magelang sangat mutlak," ujar Kepala DPRKP Kabupaten Magelang Kunta Hendradata di sela kegiatan tersebut.


Pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Magelang Tahun 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang.