Respon Cepat Tim Gabungan Atasi Kebakaran Lahan

BERITAMAGELANG.ID-Kebakaran lahan terjadi di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, pada Selasa (13/8/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. Lahan yang terbakar merupakan milik Pemerintah Desa Tanggulrejo yang rencananya akan digunakan sebagai lahan untuk tanaman pakan ternak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono menjelaskan bahwa kejadian bermula ketika warga desa sengaja membakar sebagian lahan untuk mempercepat proses pembersihan.

"Api yang awalnya terkendali kemudian membesar secara tiba-tiba dan sulit untuk dikendalikan. Kondisi cuaca yang kering dan angin yang bertiup kencang memperburuk situasi, membuat api menyebar dengan cepat dan melalap lahan yang lebih luas," ujar Edi

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Desa Tanggulrejo segera meminta bantuan kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang. Tim gabungan yang terdiri dari Polsek Tempuran, Damkar, BPBD Kabupaten Magelang, dan warga setempat segera diterjunkan ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

"Setelah beberapa jam berjuang melawan api, tim gabungan berhasil mengendalikan kebakaran. Namun, sekitar 4,4 hektar lahan telah hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian materiil diperkirakan cukup besar," Terang Edi.

Edi mengimabau masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar dan selalu waspada di musim kemarau saat ini.

"Mohon masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar apa lagi di lahan kering saat musim kemarau seperti saat ini" pungkasnya.