RSUD Muntilan Melaunching Layanan "Hospitarasa"

BERITAMAGELANG.ID- Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi istri, Medina beserta Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Magelang Bambang Hermanto, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo menghadiri acara Tasyakuran HUT Kemerdekaan RI ke-79 sekaligus melaunching layanan "Hospitarasa" di RSUD Muntilan, Rabu (21/8/2024).

Sepyo Achanto menyampaikan, saat ini tenaga kesehatan dituntut untuk siap berkorban waktu, tenaga dan pikiran untuk melayani warga yang membutuhkan layanan kesehatan. Oleh karena itu RSUD Muntilan melakukan inovasi melalui layanan prima berupa layanan Homecare, Sigap, Profesional, Telaten RSUD Muntilan (Hospitarasa).

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi inovasi Hospitarasa RSUD Muntilan ini," ucap Sepyo.

Lebih lanjut Sepyo menyampaikan, era perang merebut kemerdekaan sudah dilakukan oleh para pendahulu bangsa, tugas selanjutnya adalah meneruskan semangat para pahlawan, salah satunya yang bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan era sekarang adalah dengan meningkatkan etos kerja di bidang kesehatan, tentunya sesuai posisi dan porsi masing-masing. 

Menurutnya, "Hospitarasa" merupakan bentuk nyata meneruskan semangat kemerdekaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya berharap program ini betul-betul dijalankan, syukur bisa dikoneksikan dengan program pemerintah yang lain sehingga lebih berdayaguna, salah satunya dalam mengatasi kemiskinan ekstrem," tutur Sepyo.

Sementara, Direktur RSUD Muntilan Dodi Indra Permadi mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, RSUD Muntilan telah membuka layanan "Hospitarasa".

"Kita membuka layanan tersebut mengingat pasien RSUD Muntilan saat ini trend-nya terus meningkat dan membutuhkan pelayanan berkelanjutan," ujar Dodi.

Selain itu menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum dapat atau sulit mengakses layanan kesehatan di Rumah Sakit dengan berbagai permasalahan.

"Salah satu tujuan dibukanya layanan "Hospitarasa" adalah agar cakupan layanan kesehatan semakin luas dan meningkat, harapannya tingkat kesehatan masyarakat meningkat," terang Dodi

Di Kabupaten Magelang RSUD Muntilan merupakan satu-satunya Rumah Sakit yang membuka layanan homecare. 

Untuk itu RSUD Muntilan sudah menyiapkan 2 perawat, yang salah satunya bersertifikat rawat luka, dan ke depan akan ditambah sesuai perkembangan, baik jumlah perawat maupun layanan dokter. 

Adapun jenis layanan "Hospitarasa" yang akan dibuka adalah layanan pasang cateter, pasang sonde lambung, rawat luka, cek darah, konsultasi kesehatan, dan layanan khitan.