Unik! Peringati HUT RI 79, Dusun Di Muntilan Ini Didesain Dengan Nuansa Bali

BERITAMAGELANG.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2024 kali ini mengangkat tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", untuk menumbuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan. Semarak menyambut hari besar itu pun terasa dari kota hingga desa. Warga masyarakat menyambutnya dengan berbagai macam kegiatan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah kegiatan menyambut HUT RI Ke - 79 yang dilakukan oleh warga Dusun Ponalan Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan. Masyarakat mulai menghias gapura masuk, akses jalan dan pernak-perniknya dibuat nuansa Bali. Hiasan gapura berupa Barong lengkap dengan payung Catra khas Bali turut disajikan lengkap dengan kain bermotif kotak-kotak hitam putih.

"Ini adalah ide kreatif dari seluruh pemuda di Dusun Ponalan. Memang setiap tahunnya ada kreasi berbeda dalam menyambut kemerdekaan," kata Wiwis Miyati (57) Kepala Dusun Ponalan.

Dirinya tidak menyangka jika kreasi pemuda Dusun Ponalan khususnya RT 04 ini menjadi viral di media sosial. Karena kegiatan menghias dusun tersebut selalu dilakukan dalam memperingati kemerdekaan. Dijelaskan Wiwis setiap RT di Dusunnya selalu berlomba menghias wilayahnya sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

"Namun untuk RT 04 ini agak beda. Saya juga ketika meninjau, loh kok bagus ternyata," lanjutnya.

Wiwis mengaku bangga ternyata warganya masih memiliki semangat dalam memperingati kemerdekaan dengan berbagai kegiatan. Menurutnya semangat seperti ini yang harus selalu ditumbuhkan dalam diri masyarakat. Mulai dari yang muda hingga yang tua diharapkan saling mendukung dalam mengisi kemerdekaan.

"Setiap memperingati kemerdekaan kita selalu ada lomba-lomba untuk warga, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Macam-macam lombanya. Dan biasanya puncaknya di malam tirakatan sambil membagikan hadiah lomba. Nah semangat ini yang harus terus kita pupuk," ungkapnya.

Dirinya berharap, sedikit aksi yang dilakukan oleh pemuda Dusun Ponalan ini dapat memberikan motivasi kepada yang lain untuk terus mencintai NKRI dengan berbagai macam kegiatan dan aksi.

"Ke depan semoga pemuda Dusun Ponalan semakin kompak dan dapat menciptakan karya-karya yang lain untuk mengisi dan memperingati kemerdekaan Bangsa Indonesia," pesannya.