Berpakaian Adat Jawa, Pj Bupati Magelang Pimpin Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

BERITAMAGELANG.ID - Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI di lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Sabtu (17/8/2024). Mengenakan pakaian adat Jawa, Pj Bupati Magelang menjadi inspektur upacara. 


Membacakan sambutan Pj Gubernur Jawa Tengah, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyampaikan, tema peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI ini adalah "Nusantara Baru, Indonesia Maju," yang mencerminkan tekad kita untuk membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan semangat "Nusantara Baru," kita dapat terus bekerja sama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing global. 


"Marilah kita bersama-sama menjadikan hari ini sebagai titik awal untuk pencapaian besar di masa depan serta teguhkan komitmen kita untuk memajukan negeri ini dengan semangat kebersamaan dan inovasi yang harus terus berupaya agar setiap sudut nusantara merasakan manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan,” kata Sepyo. 


Lebih lanjut, Sepyo mengatakan, 17 Agustus 1945 adalah titik poin dari waktu ratusan tahun perjuangan rakyat Indonesia yang dengan susah payah melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Saat itu, semua daya upaya dikerahkan, semua elemen bersatu, menjadi kekuatan-kekuatan yang tak pernah berhenti melakukan perlawanan terhadap para penjajah.


Sudah 79 tahun bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan, perjuangan ini harus terus dilanjutkan seperti pesan Bapak Proklamator RI, Ir. Soekarno bahwa kemerdekaan merupakan jembatan emas untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia. 


"Mari kita isi kemerdekaan Indonesia dengan pembangunan di segala bidang, dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan kita implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Sepyo. 


Lebih lanjut, Sepyo menjelaskan, di tahun ke-79 Indonesia merdeka, pembangunan Jawa Tengah berjalan lancar dan banyak capaian yang diraih. Perekonomian Jawa Tengah pada Triwulan II-2024 tumbuh positif sebesar 4,92 persen secara year on year (y-on-y). Inflasi secara y-on-y terkendali dengan baik di angka 1,86 persen.


Pada Juli 2024 angka pengangguran Jawa Tengah mengalami penurunan dari sebesar 5,13 persen pada Agustus 2023 menjadi 4,39 persen pada Februari 2024. Persentase penduduk miskin turun dari 10,77 persen.


Sedangkan pada Maret 2023 menjadi 10,47 persen pada Maret 2024. Angka Kemiskinan Ekstrem juga turun, dari 1,97 persen di 2022 menjadi 1,11 persen pada 2023. Prevalensi stunting berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI), turun dari 20,8 persen di 2022 menjadi 20,7 persen di 2023.


Selain itu, Jawa Tengah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya penghargaan insentif fiskal atas kinerja baik dalam menurunkan angka stunting dan Insentif Fiskal Kategori Kemiskinan Ekstrem. Bapanas Award sebagai Penyelenggara Gerakan Pangan Murah (GPM) Tingkat Provinsi Terbaik II di bidang pemerintahan dan pelayanan publik, dan masih banyak lagi prestasi lainnya.


Lebih lanjut, Sepyo juga mengingatkan, bahwa 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan Pilkada serentak untuk memilih gubernur dan bupati/walikota. Pada Pemilu Februari 2024 yang lalu, tingkat partisipasi pemilih di Jawa Tengah cukup tinggi, mencapai 82,5 persen melebihi target nasional 79.5 persen.


"Ini merupakan kesuksesan kita bersama, dimana salah satu indikator sukses Pemilu adalah tingginya partisipasi masyarakat, kesuksesan tersebut kiranya dapat terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan pada Pilkada serentak November mendatang,” ujar Sepyo. 


Memasuki momentum Pilkada, ada tiga point yang harus saya sampaikan, pertama, seluruh masyarakat Jawa Tengah adalah satu bangsa yang bersaudara. Kedua, walaupun berbeda pilihan politik, semangat sila ketiga Pancasila Persatuan Indonesia harus terus kita gelorakan. Ketiga, beda pilihan politik, adalah bagian dari Bhineka Tunggal Ika. 


"Mari kita wujudkan Pilkada yang damai, aman, tentram, tanpa permusuhan, tetap menjaga kerukunan. Kita doakan bersama, Pilkada tahun ini akan menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi daerah, yang mampu menyejahterakan masyarakat,” tutup Sepyo.


Hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Kabupaten Magelang, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto, kepala OPD beserta pejabat struktural se-Kabupaten Magelang, anggota KORPRI, TNI, POLRI, Linmas, Pramuka, ormas serta siswa dan siswi SD, SMP dan SMA.


Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Magelang.