Magelang Smart Service, Integrasikan Layanan Publik di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Kabupaten Magelang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warganya melalui aplikasi Magelang Smart Service. Aplikasi mobile berbasis Android dan iOS ini bertujuan mengintegrasikan berbagai layanan publik yang ada di Kabupaten Magelang, sehingga memudahkan akses dan mempercepat proses pelayanan bagi masyarakat.


Aplikasi ini diluncurkan pada akhir Januari 2024 dan sudah dapat diakses oleh masyarakat. Magelang Smart Service adalah langkah strategis untuk digitalisasi layanan publik dan menjawab tantangan era digital.


"Dengan aplikasi ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah mengakses layanan publik, menghemat waktu, dan meningkatkan efisiensi birokrasi," demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Budi Daryanto.


Magelang Smart Service menawarkan berbagai fitur unggulan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Beberapa layanan yang terintegrasi dalam aplikasi ini diantaranya:


  1. Pendaftaran antrean Mal Pelayanan Publik (MPP)
    MSS telah terintegrasi Mal Pelayanan Publik sehingga masyarakat dapat mendaftar antrean MPP untuk berbagai layanan publik seperti pembuatan KTP, akta kelahiran, dan surat keterangan lainnya secara online.


  1. Informasi dan berita terbaru
    Aplikasi ini menyediakan informasi terbaru seputar Kabupaten Magelang hingga potensi wisata, yang terintegrasi dengan situsweb beritamagelang.id.


  1. Layanan desa mandiri
    Masyarakat dapat memanfatkan layanan pengajuan surat ke desa di Kabupaten Magelang secara mandiri melalui kategori sub layanan Simpel Ndeso.


  1. Layanan CCTV online
    Pengguna MSS dapat memantau trafik lalu melalui layanan CCTV online yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang.


  1. Pengajuan izin
    Melalui Aplikasi MSS pengguna dapat mengajukan berbagai macam perizinan ke DPMPTSP Kabupaten Magelang secara online karena telah terintegrasi dengan aplikasi Sidering.


"Dengan hadirnya Magelang Smart Service, diharapkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat semakin efektif dan transparan," harap Budi.


Aplikasi ini, lanjut Budi, juga sedang dikembangkan dengan sistem notifikasi untuk mengingatkan pengguna tentang berbagai hal penting.


Magelang Smart Service diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam mengembangkan aplikasi serupa untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Pemerintah Kabupaten Magelang berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperbarui aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


"Dengan adanya inovasi ini, Kabupaten Magelang semakin siap menyongsong era digital dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warganya," pungkasnya.