Pemkab Tabalong Kaji Tiru Kawasan Perdesaan di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Kabupaten Magelang menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan Pemkab Tabalong dalam kegiatan kaji tiru kawasan pedesaan. Pj. Sekda Tabalong, M. Fitri Hernadi mengungkapkan sekitar tiga bulan lalu Pemkab Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan menghadap ke Kementrian Desa dan Bappenas untuk menyampaikan keinginan agar Kabupaten Tabalong dapat masuk ke Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN). Untuk itu Pemkab Tabalong segera mencari wilayah yang dapat digunakan sebagai contoh dan bahan koreksi dalam hal ini Kabupaten Magelang.


Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Sekda Tabalong, M. Fitri Hernadi pada saat acara kunjungan Pemkab Tabalong dalam rangka kaji tiru terkait kawasan pedesaan di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Jumat (9/8/2024).


"Hari ini kami mengharapkan banyak masukan dari Pemkab Magelang terkait pengelolaan kawasan pedesaan dan pengalaman yang telah dilakukan," kata Hernadi.


Dirinya berharap ilmu dan masukan yang didapat dari Pemkab Magelang nantinya dapat diterapkan di Pemkab Tabalong.


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Gunawan Dwi Nugroho mengaku bangga dapat memberikan best practice juga manfaat bagi kabupaten lain dalam pengembangan kawasan pedesaan. 


Gunawan menjelaskan pembangunan kawasan pedesaan telah memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi misi Kabupaten Magelang, terutama pada aspek sejahtera dan berdaya saing.


"Pembangunan kawasan pedesaan turut mendukung 10 prioritas pembangunan (DASACITA) terutama prioritas Penanggulangan Kemiskinan dan Prioritas Pengembangan Pertanian, Pariwisata dan UMKM,” katanya.


Di Kabupaten Magelang, lanjut Gunawan, telah dibentuk lima kawasan perdesaan, yakni Kawasan Perdesaan Ekowisata Manunggal Jaya Kecamatan Borobudur, Kawasan Perdesaan Eduwisata Kecamatan Ngablak, Kawasan Perdesaan Merapi Edupark Kecamatan Dukun, Kawasan Perdesaan Agropolitan Pertanian Kecamatan Ngluwar, dan yang terbaru adalah Kawasan Perdesaan Umpak Sumbing Kecamatan Bandongan.


Dari kelima itu, Kawasan Perdesaan Manunggal Jaya Borobudur merupakan satu-satunya yang berbasis agrowisata di Kabupaten Magelang dan sudah berstatus Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).


"Kawasan Perdesaan Manunggal Jaya Kecamatan Borobudur sendiri merupakan salah satu kawasan perdesaan yang tertua di Kabupaten Magelang," terangnya. 


Kawasan tersebut berdiri pada 2020 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/331/kep/24/2020 tentang Lokasi Kawasan Perdesaan Ekowisata Manunggal Jaya Kecamatan Borobudur.


Ia menyampaikan berkat kerja keras Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (TKPKP) tingkat kabupaten maupun di tingkat kawasan, Kawasan Manunggal Jaya mampu terus berbenah. Salah satu indikator perkembangan yang dapat dilihat adalah naiknya Indeks Pembangunan Kawasan Perdesaan (IPKP) Kawasan Manunggal Jaya dari 53,04 di 2020 menjadi 57,90 pada 2022 dengan status IPKP Mandiri.