Pj Bupati Magelang Pastikan Paskibraka Kabupaten Magelang Siap Menjalankan Tugas

BERITAMAGELANG.ID- Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang mengikuti gladi bersih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Magelang Tahun 2024 yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 79 tingkat Kabupaten Magelang di lapangan drh Soepardi Kota Mungkid.

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengatakan, persiapan hingga gladi bersih upacara peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Magelang ini dirasa sudah maksimal mencapai 100 persen.

Sementara terkait Paskibraka yang akan bertugas pada tanggal 17 Agustus nanti, Sepyo berpesan agar bisa melaksanakan tugas dengan penuh keyakinan dan kemantapan.

"Sampai menjelang hari H nanti tolong jaga kondisi dan kesehatan agar nanti bisa melakukan tugas semuanya dengan baik," tegas Sepyo usai mengikuti gladi bersih Paskibraka Kabupaten Magelang Tahun 2024, Kamis (15/8/2024).

Sementara, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto menyampaikan kesiapan dalam rangka upacara peringatan kemerdekaan HUT ke 79 RI tingkat Kabupaten Magelang secara global sudah mencapai 97 persen.

"Tentunya kami berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Magelang supaya pelaksanaan upacara HUT Ke 79 RI bisa berjalan aman dan lancar di wilayah Kabupaten Magelang," harap Jarot Susanto.

Terkait kesiapan Paskibraka sendiri, Jarot mengatakan sudah melakukan pelatihan secara intensif selama kurang lebih satu bulan penuh yang dibimbing langsung oleh pelatih dari Kodim 0705/Magelang dan Polresta Magelang.

"Ini sudah kita persiapkan baik personil, fisik dan mental untuk menjalankan tugas besok," jelas Jarot.

Sedangkan, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang, M Taufik menyampaikan bahwa persiapan Paskibraka Kabupaten Magelang Tahun 2024 telah maksimal.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, terkait Paskibraka Kabupaten Magelang Tahun 2024 pihaknya telah melakukan proses seleksi secara ketat sebelumnya. Terdapat 239 peserta yang telah mendaftar melalui aplikasi untuk bisa bergabung di dalam tim Paskibraka Kabupaten Magelang pada tahun 2024 ini. Kendati demikian, hanya sebanyak 183 peserta yang lolos dalam proses validasi.

"Dari 183 peserta ini akhirnya hanya tersisa 31 peserta yang lolos. Dan dari 31 peserta yang lolos terdapat 30 peserta yang akan bertugas di Kabupaten Magelang. Sementara 1 peserta lainnya akan mewakili Kabupaten Magelang untuk bertugas di tingkat Provinsi atas nama Pathya Wisesa Arifin," beber M Taufik.