Seribu Anggklung dan Bentangkan 100 M Merah Putih Untuk Peringati HUT Ke 79 Kemerdekaan RI di Pancuranmas

BERITAMAGELANG.ID - Alunan nada lagu berjudul 'Tanah Air'  dari 1.000 angklung terdengar dari lapangan "Bagas-Bagus" Desa Pancuran Mas Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Harmoni musik tradisional Sunda Jabar ini, diperdengarkan dalam upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024).Terlihat pula bentangan bendera merah putih sepanjang 100 meter.

Upacara bendera di tingkat desa ini bisa di bilang spektakuler. Selain diwarnai dengan alunan musik angklung, juga diikuti oleh ribuan warga desa setempat yang terdiri dari berbagai elemen. Ada warga setempat, RT, RW, prangkat desa, PKK, Posyandu, Pokdarwis, LPP, KWT, LPMD, Bank Sampah, guru-guru, ormas, BPD dan elemen lainnya.

"Memang kita konsep secara spektakuler dengan 1.000 ngklung," tutur Ketua Panitia upacara Muchtar Aji Prabowo.

Aji, panggilan akrabnya menjelaskan, 1.000 angklung di mainkan untuk kebersamaan masyarakat. Dipilih angklung, karena alat musik ini terbuat dari bambu yang mampu mengeluarkan suara yang indah saat digoyangkan. Tidak hanya sebagai hiburan semata, namun merupakan simbol persatuan dan kekuatan masyarakat dalam merayakan kemerdekaan.

Harmonisasi suara angklung memberikan semangat budaya keindahan Indonesia dan gotong royong.Sementara, pembentangan pengibaran bendera merah putih sepanjang 100 meter, melibatkan banyak orang dan tentunya harus ada koordinasi yang baik. "Alhamdullilh, bisa dibentangkan dengan mulus sesuai dengan rencana," ujarnya.

Sementara itu, pembentangan bendera merah putih 100 meter, melambangkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat Indonesia pada  tanah air, dan semangat kemerdekaan. "Ini sebagai  wujud rasa nasionalisme dan penghormatan kepada para pejuang atau  pahlawan," ucap Aji.

Kombinasi dua elemen ini, imbuhnya, menciptakan  perayaan yang penuh makna dan warna, mewujudkan kebanggaan persatuan bangsa dalam memperingati Hari Kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala Desa Pancuranmas, Yuni Puji Istiono yang bertindak sebagai inspektur upacara berharap, ditampilkannya musik angklung maka semua elemen masyarakat bisa bergabung sehingga bisa menambah rasa persatuan dan kesatuan. Juga mendukung program pemerintah sebagai Nusantara Baru Indonesia Maju.

Di Desa Pancuranmas juga ada tema, yakni Bergerak Bersama Menuju Pancuran Mas Sejahtera. "Alhamdullilah, semua unsur mengikuti upacara bendera memperingati HUT ke 79 Kemerdekaan RI," ucapnya.

Untuk angklung sendiri, kata Yuni, dipandu oleh seniman asal Borobudur, Abet Nugroho.

Saat upacara juga diisi dengan sosialisai Si Randu, sebagai maskot Pilkada Kabupaten Magelang oleh PPS dan PPK Kecamatan Secang.