Digitalisasi, Diskominfo Kabupaten Magelang Layani Permohonan Teknis Perangkat Daerah via KOTES

BERITAMAGELANG.ID - Diskominfo Kabupaten Magelang selalu terus berinovasi memberi pelayanan terbaik, termasuk untuk seluruh perangkat daerah. Salah satu inovasi terbarunya adalah aplikasi KOTES (Kominfo Technical Support), yang dirancang khusus untuk memudahkan proses permohonan layanan teknis di lingkungan internal Pemerintah Kabupaten Magelang.


KOTES dikembangkan oleh tim programmer Diskominfo Kabupaten Magelang dan hanya dapat diakses oleh perangkat daerah dan pemerintah desa setempat.


"Aplikasi digital ini dirancang untuk memudahkan perangkat daerah (PD) dan pemerintah desa (Pemdes) agar lebih mudah mendapatkan layanan dari Diskominfo Kabupaten Magelang, khususnya dalam hal aduan terkait kendala jaringan internet dan peminjaman fasilitas," demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang Budi Daryanto, Senin (9/9/2024).


Aplikasi ini hadir dengan lima fitur utama yang mendukung kebutuhan teknis berbagai instansi:


  1. Peminjaman ruang rapat: Fasilitas untuk memesan ruang Smart Room di lantai 2 Diskominfo Kabupaten Magelang dan CCR (Command Center Room) sesuai kebutuhan.
  2. Peminjaman platform ZOOM: Pengguna dapat memesan penggunaan platform ZOOM dengan jumlah peserta yang variatif, sesuai kebutuhan acara daring.
  3. Perbaikan jaringan: Layanan untuk melaporkan dan mengajukan permintaan perbaikan jaringan internet, mempercepat respon terhadap gangguan jaringan.
  4. Jaringan baru: Pengajuan permohonan penambahan jaringan internet baru bagi PD atau pemerintah desa yang membutuhkan perluasan akses.
  5. Support event: Memberikan dukungan teknis berupa peminjaman peralatan seperti kamera, kabel, serta personil teknis untuk mendukung berbagai kegiatan perangkat daerah.


Layanan ini efektif digunakan sejak 1 Januari 2024, hingga awal September 2024 telah digunakan lebih dari 50 admin yang tersebar di seluruh PD dan pemerintah desa di Kabupaten Magelang, serta telah menyelesaikan lebih dari 170 permohonan yang masuk. Terdiri dari 63 permohonan peminjaman ruang, 65 permohonan peminjaman zoom, 22 perbaikan jaringan, 10 permohonan perluasan jaringan baru, dan 15 permohonan support event.


KOTES dapat diakses admin tiap PD dan pemerintah desa melalui Super Apps Magelang Smart Service (MSS). Untuk mengakses layanan, pengguna dapat memilih menu fitur yang dibutuhkan, mengisi formulir permohonan, dan mengirimkannya langsung ke TRC (Tim Reaksi Cepat) Diskominfo Kabupaten Magelang via KOTES. 


"TRC akan menindaklanjuti permohonan tersebut sesuai dengan kebutuhan, termasuk melakukan survei dan pengecekan lapangan jika terkait dengan pemasangan atau perbaikan jaringan internet," imbuh Kabid Informatika pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Musokhip.


Manfaat utama dari KOTES, lanjut Musokhip, adalah meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan permohonan layanan teknis. Setiap permohonan yang masuk tercatat dengan baik, memudahkan Diskominfo Kabupaten Magelang untuk menindaklanjuti setiap laporan dengan cepat dan akurat. 


"Selain itu, sistem ini juga membantu mempercepat pelayanan kepada pemohon, meminimalisir kesalahan komunikasi, dan memastikan layanan diberikan tepat waktu," tegasnya.


Dengan KOTES, Diskominfo Kabupaten Magelang berharap dapat menghadirkan alur layanan yang lebih terstruktur dan efisien, demi mendukung kegiatan pemerintah daerah secara optimal.


"Aplikasi KOTES merupakan langkah maju dalam digitalisasi pelayanan teknis di Kabupaten Magelang, selaras dengan semangat inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang terus digalakkan oleh pemerintah," pungkasnya.