Operasi Zebra Candi Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas

BERITAMAGELANG.ID- Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi Kasatpol PP dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang menghadiri acara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 yang dilaksanakan di halaman depan Polresta Magelang, Senin (14/10/2024).

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto berharap Operasi Zebra Candi ini bisa mengurangi kejadian atau angka kecelakaan pada masyarakat, dengan harapan mencapai zero atau 0.

"Masyarakat harus paham bahwa berlalulintas itu ada aturan mainnya, ada etikanya. Sehingga melalui Operasi Zebra Candi ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Karena kalau terjadi kecelakaan juga bisa menggangu roda perekonomian," kata Sepyo usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024.

Sementara, Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa menjelaskan bahwa, Operasi Zebra Candi kali ini dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, yang sasaran utamanya adalah untuk ketertiban lalu lintas di wilayah Magelang.

"Sasarannya untuk menekan angka kecelakaan, meningkatkan kesadaran hukum berlalulintas di semua lapisan masyarakat," ungkap Kombes Pol Mustofa.

Adapun sasaran khusus yang akan dilakukan pada kegiatan Operasi Zebra Candi ini antara lain berkaitan dengan kelengkapan kendaraan, knalpot brong, balap liar untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Magelang.

"Kita mengedepankan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat, namun kalau balapan liar ya tetap kita lakukan penindakan," terang Kombes Pol Mustofa.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Candi 2024 ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan mulai tanggal 14-27 Oktober 2024.