Pemkab Magelang Luncurkan Kampung KB Ramah Perempuan dan Peduli Anak

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang, melalui Dinas Sosial PPKB PPPA, bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah, melaunching Kampung Keluarga Berencana (KB) Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Rabu (16/10/2024).


Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA, Bella Pinarsi, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyampaikan kegiatan ini bertujuan mendorong optimalisasi desa dampingan di 2024 dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keberlanjutan Kampung KB yang berfokus pada perempuan dan anak.


"Kegiatan Semarak Sukomakmur ini adalah bukti sinergi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang dalam upaya mengoptimalkan Desa Dampingan tahun 2024," jelas Bella. 


Dia juga berharap strategi ini dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat, menurunkan jumlah kantong kemiskinan, serta meningkatkan peran perempuan di desa tersebut.


Kepala DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi menambahkan, setiap Perangkat Daerah (PD) minimal mendampingi empat desa. Desa Sukomakmur dipilih berdasarkan hasil assessment dan kebutuhan sebagai desa berkembang. Dia menyebutkan adanya forum anak dan remaja, pelayanan KB, serta kegiatan ekonomi produktif untuk perempuan di desa ini.


Acara launching ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah Ema Rahmawati, yang didampingi berbagai perwakilan instansi terkait. Hadir juga perwakilan PT. Jateng Agro Berdikari dan Universitas Dian Nuswantoro.