Ratusan Peserta Ikuti MTQ dan Festival Rebana Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Ratusan pelajar antusias mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Festival Rebana Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2024 yang dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Hari Santri Tahun 2024. Tema Hari Santri Tahun 2024 yaitu, "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan".


Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengatakan MTQ dan Festival Rebana ini tidak hanya menampilkan keindahan membaca Al-Qur'an dan seni islami, tetapi juga meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dan berakhlak mulia, memperkuat moral dan spiritual.


"Serta memperkuat ukhuwah, kerukunan dan persatuan," kata Sepyo Achanto saat membuka kegiatan tersebut di Pendopo Setda Kabupaten Magelang, Selasa (15/10/2024).


"Alhamdulillah, di Tahun 2024 ini Kabupaten Magelang masuk 10 Besar MTQ ke XXX (tiga puluh) Tingkat Provinsi Jawa Tengah," lanjutnya.


Lihat juga: Foto: MTQ dan Festival Rebana Kabupaten Magelang 2024


Tujuan pelaksanaan kegiatan tahunan ini adalah membudayakan bacaan ayat suci Al Qur'an dan bacaan selawat kepada masyarakat, khususnya generasi muda di Kabupaten Magelang.


"Selain itu juga memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk menunjukkan kemampuan seni baca Al-Qur'an dan seni budaya Islam serta untuk memilih calon peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tingkat Provinsi Jawa Tengah," imbuh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Magelang Agus Widodo.


Keseluruhan maksud dan tujuan tersebut mendukung pencapaian Visi Kabupaten Magelang yaitu terwujudnya Masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah) terutama Misi pertama yaitu Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dan berakhlak mulia pada prioritas pertama Dasa Cita yaitu: Kehidupan Beragama dan Akhlak Mulia.

MTQ terdiri dari 5 cabang dan 13 golongan, diikuti 393 peserta dengan rincian tartil 107 peserta, tilawah 98 peserta, tahfidz 111 peserta, Cerdas Cermat Al Qur'an / Fahmil Qur'an 45 peserta, dan kaligrafi 32 peserta.


Festival Rebana diikuti 47 group, dengan rincian kategori pemula 16 grup, klasik 20  grup, dan modern 11 grup.