Kesbangpol Persiapkan Dengan Matang Paskibraka, Jelang Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Jelang upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI  tingkat Kabupaten Magelang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Magelang terus intens dalam melatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Kesbangpol dalam hal ini sebagai koordinator di bidang kegiatan upacara. Kegiatan yang merupakan titik puncak dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI .

"Sebelum upacara nanti, kita ada kegiatan pengukuhan Paskibraka pada Kamis (15/08) bertempat di pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang," kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang, M Taufik, Rabu 14/08/2024

Disampaikan Taufik, untuk upacara bendera akan dilakukan pada Sabtu 17/08 pada pukul 07.00 pagi di Lapangan drh. Soepardi Sawitan Kota Mungkid. Ada yang sedikit berbeda dari kegiatan upacara kali ini. Selain waktu upacara dilakukan pada pagi hari, juga seluruh peserta upacara diminta menggunakan pakaian adat.

"Kalau biasanya upacara kan di jam 10.00 supaya bareng dengan detik-detik proklamasi. Namun tahun ini di jam 07.00 pagi. Apalagi peserta upacara nanti diminta mengenakan pakaian adat. Kalau kita ya pakai pakaian Jawa," tambahnya.

Ia berharap seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-79 RI tingkat Kabupaten Magelang terutama upacara bendera dapat berjalan dengan lancar dan hidmat sehingga rasa nasionalisme dalam mencintai bangsa dan NKRI dapat tertancap di hati seluruh masyarakat Kabupaten Magelang.

Sementara, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Kesbangpol Kabupaten Magelang, Yuliana Ari mengatakan sebanyak 30 personil Paskibraka telah dipersiapkan dengan matang. 

"Awalnya tentu kita lakukan rekruitmen dan seleksi dilanjutkan pemusatan pendidikan dan pelatihan kemudian pengukuhan Paskibraka. Dulu yang mendaftar ada 239 siswa namun yang diambil sebanyak 31 orang namun yang satu kita kirim ke tingkat provinsi Jawa Tengah," katanya.

Menurutnya, dibalik penampilan Paskibraka yang gagah dan memukau banyak orang, tentu ada proses rekrutmen dan latihan yang harus dilalui oleh mereka. Dan hal itu menurutnya sangat tidak mudah.

"Untuk latihan itu ada 19 kali dalam dua bulan ini. Dan terakhir latihan pada 15 Agustus 2024, sekaligus gladi bersih. Untuk pelatih sesuai aturan kepala BPIP meliputi unsur TNI, POLRI dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia)," lanjutnya.

Dengan latihan yang cukup intens, dirinya optimis Paskibraka kali ini dapat mengemban tugas dengan baik dan menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Magelang. Mengingat tugas Paskibraka dalam satu tahun terdapat dua kali yaitu pada Upacara Pada 1 Juni Hari Lahir Pancasila dan 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI.