Semarak Gemilang Festival UMKM Kabupaten Magelang 2024 Dibuka

BERITAMAGELANG.ID- UMKM mempunyai peran yang strategis dalam menggerakkan pembangunan ekonomi nasional dan daerah. Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga kestabilan perekonomian, penyerapan tenaga kerja, UMKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar dan sangat menentukan kesejahteraan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat membuka kegiatan Semarak Gemilang Festival UMKM Kabupaten Magelang Tahun 2024 di lapangan drh Soepardi Kota Mungkid, Jumat (23/8/2024).

Adi mengatakan, tujuan festival UMKM ini adalah untuk mengenalkan potensi dan produk Kabupaten Magelang, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mengendalikan inflasi.

Selain itu juga sebagai media rekreasi dan hiburan masyarakat yang murah dan merakyat, sekaligus turut memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Magelang.

"Festival UMKM ini adalah bukti nyata bahwa kita memiliki potensi besar untuk mandiri dan berdaya saing. Kami mengajak masyarakat untuk lebih aktif memberdayakan produk-produk lokal. Dengan membeli dan mengonsumsi produk UMKM, masyarakat turut berkontribusi dalam meningkatkan geliat ekonomi lokal," kata Adi.

Melalui festival UMKM ini Adi berharap, kegiatan ini mampu menggerakkan roda perekonomian bagi para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Magelang, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai pangsa pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Disdagkop UKM beserta seluruh stakeholders terkait dengan mengadakan kegiatan pasar murah dan penjualan paket sembako subsidi harga. Hal ini diharapkan bisa mengedalikan inflasi dan penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Magelang," ucap Adi.

Sementara Plt Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang, Sulistyo Yuwono dalam laporannya menyampaikan, kegiatan festival UMKM ini bertujuan untuk mengenalkan potensi dan produk Kabupaten Magelang, serta sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi.

Kegiatan festival UMKM semarak gemilang ini merupakan kolaborasi Disdagkop UKM dengan Dekranasda Kabupaten Magelang, PKK Kabupaten Magelang, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Magelang dan kecamatan se-kabupaten Magelang dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan potensi produk unggulan Kabupaten Magelang.

"Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Dispeterikan, Distan Pangan dan Bulog untuk program pasar murah dalam pengendalian inflasi," terang Sulistyo.

Disdagkop juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga dan Kominfo untuk hiburan dan berbagi hiburan untuk masyarakat.

"Festival UMKM ini dilaksanakan mulai hari Jumat sampai dengan hari Minggu tanggal 23-25 Agustus 2024," ungkapnya.

Sementara agenda yang akan dilaksanakan pada festival UMKM ini antara lain, pasar murah, pameran produk UMKM, lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, lomba senam tingkat PAUD dan TK, lomba tari kreasi baru tingkat SD, lomba Agustusan tingkat SD, senam bersama, fun bike, Rolling Thunder Vespa, talk show dan konser nada Merah Putih.

Sulistyo menambahkan, dalam rangka membantu daya beli masyarakat pra sejahtera dan program pengendalian inflasi barang pokok dan barang penting khususnya pangan, Disdagkop UKM juga mengadakan kegiatan penjualan paket sembako subsidi harga, seharga Rp 80.000 terdiri dari beras 2,5 Kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1Kg dan tepung terigu 1 Kg dijual dengan harga Rp 10.000.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera.